Jokowi Unggul, Gus Dur dan Soekarno Masih di Hati

JAKARTA- Inventori.co.id – Hasil Lembaga riset dan politik, Saiful Mujani Research& Consulting (SMRC) menyimpulkan bila pemilu digelar, maka Jokowi masih unggul. Namun, nama Gus Dur dan Soekarno masih diharapkan sebagai pemimpin.

Dari rilis survei dengan tema ‘Kecenderungan Dukungan Politik 3 Tahun Presiden Jokowi’ pada Kamis (5/10/2017), disimpulkan tingkat keterpilihan Jokowi sebagai presiden masih cukup tinggi apabila pemilihan presiden dilakukan saat ini. Tingkat keterpilihan Jokowi mencapai 38,9% disusul Prabowo Subianto (12%).

Menariknya, tingkat keterpelihan di bawah Jokowi dan Prabowo ada sosok Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Lebih unik lagi, jika merunut beberapa nama presiden pilihan menurut survei SMRC, masih ada juga nama almarhum Abdurahman Wahid (Gus Dur).

Jika pemilihan presiden dilakukan sekarang, tingkat keterpilihan Gus Dur yang juga Presiden ke-4 RI sebesar 0,1% setara dengan Soekarno, Megawati Soekarnoputri, Sri Mulyani Indrawati, Patrialis Akbar, Hutomo Mandala Putra, Wiranto, dan Tri Rismaharini.

Dalam survei kali ini, SMRC mengambil sampel 1.220 responden dengan tingkat margin of error 3,1% dan akurasi 95%. Survei berlangsung pada 3—10 September 2017. (Febrian Osido)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.