Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan varian terbaru mobil medium pickup dari model sebelumnya Toyota Hilux, yaitu All New Hilux Rangga. Kendaraan segmen komersial pickup ini diyakini TAM sebagai jawaban kebutuhan konsumen yang membutuhkan kendaraan dengan daya jelajah tinggi baik di perkotaan maupun daerah. Pasalnya, kehadiran Hilux Rangga yang meramaikan industri otomotif di Indonesia didukung oleh hasil riset dan penelitian yang tak singlat kapada para konsumen.
“Toyota melakukan kunjungan langsung ke berbagai wilayah di seluruh Indonesia untuk mendengarkan langsung berbagai masukan dari pelanggan, mengamati usaha yang masyarakat jalankan, dan memahami karakter jalan di banyak daerah untuk mengembangkan new solution bagi semua orang,” tulis pernyataan Toyota.
Atas dasar penelitian itulah TAM melihat ada fakta, bahwasanya kebutuhan pelanggan kendaraan komersial jauh lebih kompleks, unik, spesifik, dan juga beragam, bahkan di antara sesama mereka sekalipun. Sebagai contoh di Kalimantan, berbagai jenis industri pertambangan tumbuh pesat, artinya turut membutuhkan solusi mobilitas yang berbeda.
Sementara di wilayah Jawa, didominasi oleh industri manufaktur dan wholesales yang membutuhkan moda transportasi yang andal dalam jangka waktu panjang. Di wilayah Indonesia Timur pembangunan sedang digencarkan, sehingga membutuhkan solusi mobilitas yang sesuai kebutuhan masyarakat setempat.
Toyota melihat potensi besar untuk mendukung sektor-sektor penting, seperti wholesaler, manufaktur, konstruksi, distribusi dan ekspedisi, termasuk UMKM yang memberikan kontribusi besar untuk perekonomian negara. Tentunya dengan tetap melihat peluang memenuhi kebutuhan gaya hidup dan mobilitas personal.
“Toyota menghadirkan sebuah ekosistem komprehensif untuk menjawab tuntutan lebih calon pelanggan All New Hilux Rangga. Toyota melalui mobil niaga serbaguna ini, ingin berkontribusi meningkatkan quality of life masyarakat Indonesia,” sambungnya.
Tidak hanya sebagai Medium Pick Up, Hilux Rangga hadir diklaim bisa menjawab kebutuhan masyarakat sebagai New Solution for All dengan ekosistem Toyota Total Solution. Toyota mengatakan, siap sepenuh hati untuk menjadikan kendaraan komersial ini sebagai pahlawan baru masyarakat Indonesia.
“PT Toyota-Astra Motor (TAM) bersama dealer dan value chain, telah mengamati gaya hidup dan kebutuhan calon pelanggan di berbagai daerah untuk memahami kebutuhan yang berbeda-beda. Perjalanan ini menghasilkan insight berharga untuk menyelaraskan pengembangan kendaraan komersial, bersama pembangunan ekosistem yang sesuai kebutuhan masyarakat yang lebih luas. Kami menghadirkan Hilux Rangga sebagai new hero atau pahlawan baru yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan seluruh masyarakat Indonesia, termasuk menjadi partner bisnis yang dapat diandalkan,” jelas Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto dalam pernyataan resmi Toyota.
“Total Commercial Vehicle Ecosystem yang kami bangun dari hulu ke hilir bersama jaringan value chain yang kredibel dan berpengalaman, untuk saling mendukung dan melengkapi satu sama lain guna memberikan kemudahan dan rasa tenang bagi semua pengguna All-New Hilux Rangga di seluruh wilayah. Sehingga pelanggan dapat fokus membangun bisnis yang menguntungkan, sementara kami berupaya menyediakan solusi mobilitas yang andal dan terpercaya secara berkelanjutan,” sambung Henry.
TAM Klaim All New Hilux Rangga Hemat Konsumsi BBM hingga 14,9 km per liter
Pabrikan TAM meluncurkan Toyota Hilux Rangga secara resmi dijual di Indonesia. Hilux Rangga dengan harga on the road (OTR) mulai Rp 188 jutaan diklaim hematologias bahan bakar dennen konsumsi BBM rata-rata tembus hing 14,9 km per liter.
“Dengan visi Mobility for All, Toyota berusaha meningkatkan mobilitas, yang tidak hanya untuk mempermudah mobilisasi, tapi juga memberdayakan dan memberikan dampak positif untuk kehidupan. Kami menciptakan All New Hilux Rangga sebagai kendaraan niaga serbaguna yang gesit, andal dan memiliki fleksibilitas tinggi mendukung kebutuhan bisnis maupun pribadi. Sesuai kebutuhan jangka panjang, desainnya dapat diperluas untuk memastikan mobil ini dapat berkembang sesuai kebutuhan,” kata Chief Engineer of the All New Hilux Rangga, Jurachart Jongusuk, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa (15/10/2024).
Mobil niaga yang mash diimpor Utah (CBU) dari Thailand ini juga diklaim efisien bahan bakar. Khusus untuk varian mesin diesel berkapasitas 2.393 cc 4 silinder (Euro4), VNT Turbocharger, Intercooler, Common-rail, dengan tenaga 149 PS dan torsi 343 Nm, konsumsi BBM-nya diklaim mencapai 14,9 km per liter.
“(Konsumsi BBM) tergantung penggunaan kendaraan dan areanya. Tes di tiap negara beda. Untuk hasil tes di Indonesia, hasilnya 14,9 km/liter buat diesel dan 11-12 km/liter. Tidak signifikan perbedaannya antara transmisi otomatis dan manual,” jelas Jurachart.
Sebagai catatan, untuk mesin bensin Hilux Rangga spesifikasinya 1TR-FE 2.000 cc, dengan output tenaga 139 PS dan torsi 183 Nm. Harga untuk varian mesin bensin dimulai dari angka Rp 188,7 juta hingga Rp 215,7 juta. Sementara buat varian mesin diesel, harganya mulai Rp 244,7 juta hingga termahal Rp 304,5 juta.
Berikut Daftar Harga dan Varian All New Toyota Hilux Rangga
Varian bensin
1. Hilux Rangga Cab-Chassis 2.0 Standard M/T : Rp 188,7 juta
2. Hilux Rangga Pick Up 2.0 Standard M/T: Rp 193,6 juta
3. Hilux Rangga Pick Up 2.0 Standard M/T 3WAY: Rp 194,6 juta
4. Hilux Rangga Pick Up 2.0 High M/T: Rp 215,7 juta.
Varian diesel
1. Hilux Rangga Cab-Chassis 2.4 DSL Standard M/T: Rp 244,7 juta
2. Hilux Rangga Pick Up 2.4 SL Standard M/T: Rp 249,6 juta
3. Hilux Rangga Pick Up 2.4 DSL Standard M/T 3WAY: Rp 250,6 juta
4. Hilux Rangga Pick Up 2.4 DSL High M/T: Rp 283,6 juta
5. Hilux Rangga Cab-Chassis 2.4 DSL High A/T: Rp 299,2 juta
6. Hilux Rangga Pick Up 2.4 DSL High A/T: Rp 304,5 juta.