INVENTORI.CO.ID – Konsistensi, inovasi dan sinergi dengan seluruh mitra strategis Bank Indonesia DKI Jakarta menjadi salah satu katalisator dalam mendorong optimisme pelaku ekonomi. Termasuk dalam mempersiapkan UMKM yang berdaya saing pada pasar domestik maupun global melalui upaya peningkatan kapasitas dan kualitas, perluasan akses pembiayaan dan pemasaran, serta pemanfaatan digital.
Demikian disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta, Arlyana Abubakar pada kegiatan Konferensi Pers Jakarta Kreatif Festival atau JaKreatiFest pada 8 Juni 2023.
Ajang tersebut digelar guna mendukung pemulihan ekonomi nasional dan daerah serta mendorong Jakarta sebagai pusat ekonomi dan bisnis berskala global.
“Program JaKreatiFest telah menjadi program strategis rutin tahunan Bank Indonesia Jakarta sejak 2020, dan pada 2023 sekaligus merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Road to KKI dan HUT DKI Jakarta ke-496,” ujar Arlyana Abubakar.
Pada 2023, JaKreatiFest mengusung tema “Kreasi Jakarta untuk Indonesia” dengan tujuan dari inovasi ini berupa perluasan akses pasar domestik dan global untuk mendorong UMKM GoEkspor dan Go-Digital.
Selain itu, juga menjadi pelaksanaan business matching akses pembiayaan lembaga keuangan formal, akselerasi terbentuknya ekosistem digital baik transaksi ekonomi dan pemerintah daerah.
“Serta perluasan cakupan kegiatan dalam rangka penguatan sinergi dan kolaborasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan yang lebih inklusif, pengendalian inflasi, serta mendorong pariwisata Jakarta sebagai sumber ekonomi baru di seluruh wilayah DKI Jakarta,” paparnya.
Berbagai komitmen ini akan mencapai puncaknya pada serangkaian acara utama dari JaKreatiFest. “Bank Indonesia DKI Jakarta bersama Pemprov DKI Jakarta mengajak masyarakat turut memeriahkan kegiatan JaKreatiFest yang berlangsung pada 16-18 Juni 2023 di Main Atrium Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat,” ujarnya.
Arlyana Abubakar juga menyampaikan bahwa JaKreatiFest 2023 akan menghadirkan pameran offline sebanyak 73 UMKM dari DKI Jakarta dan beberapa provinsi di Indonesia, festival kopi, teh dan cokelat nusantara, festival bumbu olahan, kegiatan business matching, edukasi seputar ekspor UMKM, halal lifestyle, digital payment, perlindungan konsumen dan potensi wisata urban Jakarta, serta pelaksanaan pagelaran fashion show modest.
JaKreatiFest ini, tuturnya, sejalan dengan semangat Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI), mendukung Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI) serta Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) yang secara simultan melakukan perluasan kolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta, Kementerian, perbankan/lembaga keuangan, BUMN/BUMD, ISEI, akademisi/GenBl dan marketplace Bukalapak.
“Ke depan, untuk menjaga momentum semarak kreasi Jakarta untuk Indonesia, JaKreatiFest 2023 akan terus berlangsung sampai dengan 15 Juli 2023 yang menghadirkan 120 UMKM di pameran online pada marketplace Bukalapak,” katanya.
“Penguatan kapasitas UMKM akan terus dilakukan melalui program pelatihan UMKM on-boarding digital dan siap ekspor baik secara tatap muka maupun edukasi online,” pungkas Arlyana.