Pentingkah Tanaman Hias Bagi Kondisi Fisik dan Psikologis Kita?

inventori.co.id – Mungkin terasa aneh bagi sebagian orang apabila merawat tanaman hias memerlukan keterampilan yang khusus, layaknya mengurus anggota keluarga. Beragam tanaman hias yang dimiliki di rumah memerlukan perawatan mulai media tanam yang baik, pemupukan, penyiraman, serta memastikan cukup asupan sinar matahari.

Dikalangan Anda pecinta atau yang gemar merawat tanaman dirumah tentu menyadari bahwa memiliki tanaman yang berbeda jenis tentu berbeda pula perawatannya. Apabila membayangkan proses merawatnya sudah tentu terasa rumit. Namun, kebanyakan orang tak keberatan dengan step by step  mengurus tanamannya. Disisi lain, merawat tanaman mempunyai efek yang besar terhadap psikologis kita loh!

Menurut Carla Marie Manly menyatakan bahwa kesehatan mental kita sangat dipengaruhi oleh lingkungan fisik. Carla yang berprofesi sebagai psikolog klinis di California, Amerika Serikat ini memberikan contoh bila suasana sekitar rumah tenang akan terasa nyaman. Memiliki ruang terbuka hijau akan lebih baik manfaatnya untuk menyaring polusi udara di sekitar.

“Mereka yang tinggal di lingkungan yang buruk, dari polusi suara hingga polusi visual sangat berbeda dengan mereka yang tinggal di lingkungan yang tenang, dekat dengan alam dan nyaman,” ucapnya pada situs kesehatan, Greatist.

Oleh karena itu, merawat tanaman hias bukan hanya perkara tehnik menutrisi akar tanaman hingga menghasilkan daun tanaman yang indah serta mengatur pencahayaan yang maksimal agar tanaman tumbuh dengan baik. Akan tetapi juga besar pengaruhnya terhadap kondisi psikologis dan fisik sang perawatnya. Seperti membantu memfokuskan pikiran.

Berdasarkan studi pada pada jurnal Plos One menyebutkan tanaman yang menghiasi rumah maupun tempat kita bekerja sangat berkaitan dengan produktifitas kerja yang lebih baik serta kepuasan kerja yang lebih tinggi.
Disaat jenuh untuk berfikir dan terasa sulit untuk berkonsentrasi, pikiran akan menjadi tenang serta kembali fokus untuk bekerja jika meluangkan waktu sejenak untuk berpaling menatap tanaman hias yang letaknya sudah kita tentukan.

Penelitian serupa pun diterbitkan Journal of Experimental Psychology: Apllied. Hasilnya menunjukan bahwa tanaman hijau yang menghiasi sekitar area kantor Anda dapat meningkatkan kinerja sebesar 15 persen. Jadi sebelum memutuskan untuk menyeduh kopi atau beranjak ke kantin, ada kalanya memalingkan muka dan menarik nafas sejenak menatap hijaunya tanaman tersebut dengan lambaian daunnya yang diterpa angin.

Tanaman hias pun mampu mengurangi stres selain memfokuskan diri untuk meningkatkan produktifitas kerja. Stres diketahui bisa mengganggu sistem imun tubuh. Padahal saat ini kita sedang berupaya melawan serangan virus lewat sistem imun tubuh yang kuat. Namun dengan memelihara tanaman hias, Anda akan bisa menurunkan stres dan lebih rileks.

Sebuah penelitian mini yang diterbitkan di Journal of Physiological Anthropology menemukan interaksi dengan tanaman bisa mengurangi tanda stres secara psikologis dan fisiologis. Selain itu tanaman hias juga meningkatkan rasa nyaman, tenang dan seperti di alam bebas.

Menjalani aktivitas di masa pandemi menuntut kita untuk menghabiskan sebagian besar waktu di depan layar. Orang seakan terpisah dengan alam terlebih kini bepergian pun jadi serba terbatas. Tanpa taman, ladang atau pergi ke hutan sekalipun, Anda tetap bisa menyatu dengan alam lewat tanaman hias. (WMP)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.