TMP Lawan Covid-19, Rolas Sitinjak: Kebersamaan dari Swadaya Gotong-Royong

disinfektan dari bahan alami

Jakarta – Kader organisasi Taruna Merah Putih (TMP) DKI Jakarta melakukan upaya perlawanan dalam mencegah penularan virus Corona. Rolas Sitinjak selaku Koordinator Kegiatan Sosial TMP DKI mengaku, aksi melakukan penyemprotan disinfektan dan pembagian masker secara gratis kepada masyarakat merupakan bentuk persaudaraan dan rasa saling peduli.

“Kebersamaan membantu secara gotong-royong ini merupakan arahan Ketua Umum Taruna Merah Putih Bang Ara (Maruarar Sirait) yang meminta para kader membantu masyarakat akibat pandemi covid-19 ini. Sejak akhir Maret hingga hari ini kami terus berjuang memutus mata rantai penyebaran penyakit ini,” katanya di Jakarta, Rabu (20/5/2020).

Dia mengungkapkan, jajaran pengurus TMP di DKI Jakarta terlibat aktif dalam memberikan bantuan tenaga, pikiran, dan anggaran. “Dananya dari swadaya gotong royong. Pengurus DPC seperti di Jakarta Timur yang dikomandoi Hizkia Saduk dan Samuel Sitompul, Jakarta Barat ada Tari, Jakarta Pusat itu Andi Mangkona dan Feri Sinaga serta Jakarta Utara dikomandoi Gerid Nainggolan. Semua ikut terlibat dalam kegiatan ini, dari dana bersama dan tenaga,” sebutnya.

Hari ini, barisan TMP melakukan penyemprotan di dua RT di Jalan Bhineka II RW 09, Jatinegara, Jakarta Timur. Salah satu pengurus TMP DKI Jakarta Ruth Angel menambahkan, aksi sosial ini merupakan kegiatan nyata sebagai wujud kepedulian dan semangat bersatu dalam melawan covid-19.

“TMP akan terus hadir seantero nusantara di tengah masyarakat memberikan bantuan dari sembako, fogging, disinfektan, dan pembagian masker. Hal ini instruksi dari Bang Ara sebagai langkah membantu Negara dengan membawa jiwa kebersamaan, saling peduli, dan hadir dalam masa penderitaan masyarakat yang berdampak,” jelasnya.

Ruth bercerita, kegiatan ini dilakukan secara cermat dengan memilih sasaran yang tepat yaitu pemukiman padat penduduk, tempat-tempat yang banyak didatangi orang, dan berinterkasi kepada masyarakat untuk melakukan pencegahan. “Kami coba melakukan edukasi agar masyarakat sadar dan rela melakukan gaya hidup menggunakan masker dan menjaga jarak sesuai anjuran pemerintah,” imbuh dia.

Sekretaris DPC TMP Jakarta Timur Samuel Sitompul bercerita, bahan penyemprotan disinfektan merupakan herbal yang berasal dari sereh dan jeruk purut yang alami dan tidak mengganggu. “Jadi ketika disemprot manusia dan binatang peliharaan tidak terganggu sekaligus ini juga menangkal penyebaran nyamuk demam berdarah,” tutur dia.

Perlu diketahui, dalam setiap kegiatan penyemprotan, tim terbagi tiga tim yang masing-masing tim dua orang memakai pipa semprot dengan didampingi Ketua RT, Ketua RW dan dari kalangan Ibu PKK. “Tidak ada warga yang menolak, kami semprot dari rumah warga yang padat penduduk, fasilitas sosial dan umum seperti mushala dan sekolah. Kami juga tidak memilih berdasarkan warga dengan pilihan politiknya. Itu semua berlaku untuk semua,” sebut Samuel.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.