Puslabfor dan Inafis Polri Selidiki Ledakan di Mal Taman Anggrek

Jakarta – Puslabfor Polri sedang menyelidiki ledakan yang terjadi di Food Court lantai 4, Dapur Anggrek, Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat. Ledakan diduga berasal dari tabung gas.

“Saat ini tim Puslabfor dan tim Inavis sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP),” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Rabu (20/02/2019).

Dedi menyebutkan, hasil penyelidikan sementara ledakan berasal dari tabung gas yang berada di pusat tempat makan mall.

“Dari data sementara, ledakan berasal dari tabung gas yang berasal dari tempat makan,” ujar Dedi.

Sementara Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Hengki Hariyadi mengatakan dari hasil penyelidikan dari beberapa orang saksi. Mereka nendangar suara berdesis sebelum terjadi ledakan.

“Tadi kita sudah dalam penyelidikan itu ada sejumlah orang saksi yang sudah diperiksa salah satunya mendengar suara berdesis sebelum terjadinya ledakan. penyelidikan induktif dan deduktif,” ungkap Hengki.

Hengki menjelaskan  mengetahui ada ledakan karena ada alarm di dalam mall langsung berbunyi.

Kemudian polisi datangkan tim dari tim gegana maupun dr labforensik mabes polri.

“Artinya disini kita ingin melihat segala kemungkinan yang terjadi untuk nemastikan betul. Dari tim gegana yang sudah melaksanakan bahwa ini berasal dari ledakan mekanikal bersumber dari pipa gas yang bocor,” ungkapnya.

Menurut Hengki, ledakan mekanikal dimana tidak ditemukan bahan peledak di tempat kejadian perkara (TKP). Namun ledakan ini bukan disebabkan oleh bom.

“Berartinya bukan bom. secara mekanikal artinya gas itu berkumpul di tempat yang minim dan disamber oleh blower disedot blower dan bertemu percikan api akhirnya terjadi ledakan,” jelasnya.

Dari kejadian tersebut, lanjut Hengki, untuk kerugiannya hasil inventarisasi itu ada 12 counter dan 2 restoran.

“Sedangkan korban mengalami luka-luka ada 6 orang, tapi kami lagi cek informasinya adalah luka bakar akibat ledakan,” ucapnya.

Hengki mengaku pihak manajemen Mall Taman Anggrek akan diperiksa semua. Hal ini sebagai bahan evaluasi agar peristiwa ini tidak terulang kembali.

“Kita akan periksa semua kita lihat tentunya artinya sebagai bahan evaluasi jangan smpai terulang kembali baik di sini atau ditempat lain,” tandasnya.

Seperti diketahui, sebuah ledakan terjadi di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat, Rabu (20/2) sekira pukul 10.00 WIB pagi tadi. Ledakan berasal dari sebuah rumah makan di dalam mall tersebut. daud

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.