Suasana Perpisahan Warga Lembah Griya Dengan Satgas TMMD 103 Depok

Depok, inventori – Warga Lembah Griya RT 1, RW 09, Kelurahan Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, menggelar malam perpisahan dan apresiasi bagi puluhan personel Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 di Depok, Sabtu (10/11/2018) malam.

Acara digelar seiring akan berakhirnya pelaksanaan program TMMD ke 103 di Depok pada 13 November mendatang.

Sebab sejak 15 Oktober lalu, sekitar 50 personel Satgas TMMD menyatu dengan masyarakat sekitar dan tinggal di beberapa rumah warga di Lembah Griya, Cipayung Depok.

Mereka memiliki tugas utama giat fisik TMMD yakni mengerjakan pengerasan dan betonisasi di Jalan Lembah Griya sepanjang 200 meter.

Malam apresiasi dan perpisahan ini digelar di ruas Jalan Lembah Griya yang sudah rampung dibetonisasi Satgas TMMD dengan memasang tenda dan puluhan bangku plastik.
Acara berisi ramah tamah serta makan bersama dan saling mendengar masukan antara warga dengan Satgas TMMD.

Dalam sambutannya, Ketua RW 09, Kelurahan Cipayung Jaya, Endang Sungkono menjelaskan, keberadaan personel Satgas TMMD selama hampir sebulan ini memberikan banyak pelajaran bagi warga. Diantaranya mengenai komitmen kebersamaan serta sikap gotong-royong dan kerelaan yang telah ditunjukkan personel Satgas TMMD.

Bahkan, keberadaan personel Satgas TMMD di sana selama ini, tidak hanya telah berhasil melakukan pengerasan dan betonisasi jalan, tapi juga melakukan hal positif lainnya diluar tugas utama TMMD.

Diantaranya melakukan pelebaran drainase atau gorong-gorong di salah satu ruas jalan warga di RT 2, RW 9, Kelurahan Cipayung Jaya, Cipayung.

Sehingga jalan yang tadinya biasa tergenang karena hujan sesaat kini tidak lagi. Sebab, lebar drainase di persimpangan jalan yang tadinya hanya sekitar 30 cm dengan kedalaman sekitar setengah meter, kini menjadi selebar sekitar 50 cm.

Bahkan katanya seorang personel Satgas TMMD juga berinisiatif mengajar sejumlah anak di sana dalam membaca Alquran setiap malam.

Bukan itu saja, keberadaan Satgas TMMD di RW 9, Kelurahan Cipayung Jaya, Depok itu juga berarti bagi warga di wilayah lain di sekitarnya.

Dimana personel Satgas TMMD telah berinisiatif merenovasi bangunan bekas pos ronda di Perumahan Lembah Griya, Desa Ragajaya, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor yang berbatasan dengan Cipayung, Depok.

Sehingga bangunan yang tadinya tak terawat, kumuh dan rusak, kini menjadi jauh lebih baik dan lebih layak.

Bukan itu saja, personel Satgas TMMD juga kembali berinisiatif melanjutkan pengerjaan pembangunan Masjid Al Busyroh di Bojong Pondok Terong, Cipayung, Depok, Jumat (9/11/2018).

Sebab sudah dalam beberapa pekan sebelumnya pengerjaan masjid tersebut tertunda akibat tidak adanya tukang bangunan yang diketahui sedang pulang kampung atau ada urusan lain.

Selain itu Satgas TMMD juga melakukan aksi bersih-bersih di sekitaran lokasi masjid itu.

“Karenanya kami mengapresiasi atas semua hal yang telah dilakukan Satgas TMMD di wilayah Cipayung, Depok ini. Sebab keberadan Satgas TMMD juga telah menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan dengan warga,” ujar Endang.

Ke depan Endang berharap rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara warga dan personel TNI yang telah tumbuh akan terus terjalin dengan adanya silaturahmi di antara mereka.

“Semoga silahturahmi antara warga dengan personel TNI akan terus terjalin, mesti program TMMD di sini selasai,” tutur Endang.

Sementara itu, Perwira Seksi Terirorial (Pasiter) Kodim 0508/Depok, Kapten Inf Ibrahim yang juga pengawas Satgas TMMD, mengaku sangat berterimakasih kepada warga yang telah menerima mereka dengan baik selama ini.

“Mewakili personel Satgas TMMD, kami juga mengapresiasi warga yang dengan tangan terbuka telah menerima dan menampung puluhan personel Satgas TMMD selama pengerjaan giat fisik yang kami lakukan,” ungkap Ibrahim.

(Minggus)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.