Latma Kekar Malindo Tingkatkan Kerjasama Bilateral Militer RI-Malaysia

Balikpapan, inventori – Kasdam VI/Mulawarman (Mlw) Brigjen TNI Teguh Pujo Rumekso tutup sesi Latihan Bersama Keris Kartika Indonesia dan Malaysia (Latma Kekar Malindo) di Kuching Serawak, Malaysia, Jumat (21/9/2018).

Dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasdam VI/Mlw, Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto menyampaikan bahwa Latihan Bersama (Latma) prajurit TNI AD dan Tentara Darat Diraja Malaysia telah menampilkan kerjasama dan memberikan peforma terbaik kepada negara masing-masing.

Bersama dengan Panglima 9 Brigade Tentara Darat Diraja Malaysia (TDM) Brigjen Shamsirudin bin Haji Mohd Syariff, Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Teguh Pujo Rumekso menjadi inspektur upacara bersama upacara penutupan Latma Kekar Malindo.

Latihan bersama yang telah berjalan selama 10 hari dengan materi-materi yang telah disusun bersama ini, melibatkan Brigif 24/BC beserta satuan jajarannya yakni Yonif 614/RJP dan Brigade 3 Tentara Darat malaysia dari Batalyon 10 Rejimen Ranger Diraja Malaysia.

“Dengan latihan bersama ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan prajurit kedua negara dan meningkatkan hubungan kerjasama antara TNI AD dan TDM,” harap Mayjen TNI Subiyanto

Menurutnya, pelaksanaan Latma Kekar Malindo Siri 42AB/2018 Indonesia-Malaysia merupakan salah satu kerjasama bilateral militer kedua negara yang diselenggarakan setiap tahun. Latihan yang dilaksanakan di Kuching-Sarawak ini telah berakhir pada hari Kamis kemarin dengan aman dan lancar.

Pangdam VI/Mulawarman dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Teguh Pudjo Rumekso, mengucapkan selamat atas keberhasilan yang telah dicapai dalam melaksanakan latihan bersama.

“Harapan kita bersama bahwa keberhasilan latihan bersama ini dapat meningkatkan persahabatan yang harmonis dan sinergis antar kedua negara pada bidang militer, ” ujar Pangdam dalam sambutan tertulisnya.

Diakhir sambutannya, atas kerjasama dan penerimaan selama penyelenggaran latihan, Mayjen TNI Subiyanto, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Panglima 1 Divisi TDM beserta jajarannya sehingga Latma ini dapat berlangsung sesuai dengan rencana. Selain itu, Pangdam juga mengharapkan agar momen seperti ini senantiasa dijaga dan dipelihara.

“Kami berharap agar kegiatan bersama ini dapat dilanjutkan dan dimasa datang harus terus ditingkatkan dalam berbagai kegiatan semakin mengeratkan hubungan militer kedua negara” pungkasnya.

Upacara penutupan ini dihadiri oleh Panglima 3 Brigade TDM Brig Jen Mohd Bustaman bin Hj Mat Zin Panglima 3, Ketua Staf Divisi 1 TDM Kolonel Isa bin Daud, Ketua Staf 3 Brigade Letkol Hj Ilyas bin Hj Hanafi, Irdam VI/Mlw, Danbrigif 24/BC dan pegawai pemerintahan Malaysia.

(Minggus)

(Dispenad)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.