Dalam Rangka Menyambut HUT TNI Ke 73, Kodim 0304/Pemkab Dan Pemko Agam Adakan Tour de Maninjau

Agam, inventori – Dalam rangka menyambut HUT TNI ke-73 tahun, Jajaran Kodam I/BB terus meramaikan kegiatan yg bermanfaat bagi masyarakat. Kali ini Korem 032/WB melalui Kodim 0304/Agam bekerjasama dengan Pemerintahan Kabupaten Agam dan Pemko Bukittinggi menggelar Tour de Maninjau, Sabtu 29 September 2018 mendatang.

Menurut Kabid Pengembangan dan Promosi Pariwisata Disparpora Agam Rinaldi, balap sepeda Tour de Maninjau akan melintasi rute sepanjang 70 kilometer dari Agam menuju Bukittinggi.

Start akan dimulai pukul 08.00 WIB di depan kantor Bupati Agam dan finish di lapangan Wirabraja Kodim 0304 di Kota Bukittinggi.

“Penggagas event ini dari pihak TNI, pada saat itu Kodim pernah berbincang dengan Pemkab. Agam, dalam rangka menyambut HUT TNI 5 Oktober mendatang. Dengan kesepakatan bersama, diputuskan untuk menggelar Tour de Maninjau, dengan kesepakatan startnya dimulai dari depan kantor Bupati Agam di Lubukbasung terus ke Bukittinggi dengan melintasi Danau Maninjau, Kelok 44, Matur, IV Koto, Banuhampu dan finish di lapangan Wirabraja atau lapangan kantin. Ini adalah event perdana,” sebutnya.

Rinaldi menyebutkan event balap sepeda ini bakal diramaikan oleh atlit sepeda dari Tour de Siak yang bakalan usai pada 25 September 2018, “jadi atlit-atlit dari Tour de Siak itu diboyong kesini untuk mengikuti Tour de Maninjau,” sebutnya.

Ia berharap agar event Tour de Maninjau dalam rangka HUT TNI ini dijadikan event tahunan, sehingga menjadi daya tarik kunjungan wisata ke Agam.

Dandim 0304/Agam Letkol Kav Salim menjelaskan, event balap sepeda Tour de Maninjau bakalan memperebutkan total hadiah Rp 50 juta yang nantinya akan dibagi dalam dua kelas.

Kelas Elite, berusia 18 tahun ke atas, juara I hadiah Rp 10 juta, Rp 7,5 juta untuk juara II dan juara III Rp 5 juta.

Selanjutnya kelas junior, 18 tahun ke bawah, juara I Rp 3 juta, juara II Rp2 juta dan juara III Rp1 juta.

“Pendaftaran dibuka mulai sekarang hingga 26 September 2018 mendatang di ruang piket Makodim Agam serta di kantor koramil Kodim 0304 Agam, biaya pendaftaran gratis, namun yang berminat mendapatkan t-shirt dikenakan biaya sebesar Rp 50 ribu,” jelasnya.

Event tour de Maninjau ini juga bakalan dihadiri Gubernur Sumbar, Danrem 032/Wirabraja Padang, Kapolda Sumbar, Dandim 0304 Agam, Polres Agam-Bukittinggi, Brimob Padangsarai Lubukbuaya.

(Anggry Pahala)

(Pendam I BB)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.