Lomba Melukis Kodim 0508/Depok, Gali Potensi Pelajar Dan Generasi Muda

Depok – Kodim 0508/Depok mengadakan Lomba Melukis untuk tingkat SMA, yang diikuti oleh 25 orang pelajar SMA di Kota Depok, di Lapangan apel Makodim Depok Jl. Pramuka, No. 2, Kel. Mampang, Kec. Pancoran Mas, Depok, Senin (06/08/18).

Perlombaan diadakan sebagai bentuk Program Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif Kodim 0508/Depok. Kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya dilingkungan TNI, menurut Cak Sur yang memiliki tempat galery Lukis di Depok yang diberi nama Cak Sur Galery.

“Ini pertama kalinya TNI menggelar lomba lukis khususnya di Kota Depok, jadi saya katakan luar biasa sekali,” ucap Cak Sur sebagai Juri yang ditemani oleh ibu Dewi dari Cak Sur Galery.

Menurut Cak Sur, event ini luar biasa, karena dari kegiatan ini bakat-bakat seniman lukis di Depok akan muncul. Selain itu, ini adalah ajang melatih mental karena tidaklah mudah melukis didepan umum.

“Luar biasa, ini dapat melatih mental peserta, melukis di depan orang banyak itu sangatlah membutuhkan mental lebih, karena saat melukis penonton langsung melihat dan memberikan komentar”  ujarnya kembali.

Saat membuka perlombaan lukis, Kasdim 0508/Depok Mayor Arh M. Erfan Yuli Saputro mengungkapkan, lomba lukis merupakan invoasi, kreatifitas pelaksanaan Program Komsos Kreatif untuk menggali bakat, kemampuan generasi muda di bidang seni melukis.

“Lomba melukis ini adalah upaya kita dalam melaksanakan program Komsos kreatif, dengan berinovasi sehingga menarik minat masyarakat, salah satunya kita wadahi pelajar yang memilki bakat dan kemampuan seni melukis,” kata Kasdam saat memberikan sambutannya.

Kegiatan Lomba Melukis hari ini, semua perlengkapan mulai dari kanvas, cat dan kuas disediakan oleh Kodim Depok, para peserta lomba tinggal menyalurkan bakatnya masing-masing. Untuk tema lomba adalah Kemanunggalan TNI bersama Rakyat dan mencegah serta menangkal radikalisme di Indonesia.

Sementara itu, salah satu peserta lomba dengan nomor 6 bernama Misi Hadiningrum dari SMA Muhammadiyah 4 Depok dalam lukisannya, digambarkan ada seorang warga meniup seruling, seorang berbaju hitam bertopeng dan TNI yang membawa senjata serta ular dalam keranjang.

Lukisan Misi itu menceritakan tentang pergelutan dalam menangkal radikalisme, bahwa ada seorang warga memancing seekor ular dengan meniup seruling, digambarkan ular tersebut sebagai seorang pelaku teroris, lalu setelah pelaku teroris tersebut keluar sarang TNI sudah siap untuk menangkapnya dengan senjata lengkap, yang kemudian menyerahkan teroris tersebut dengan bendera putih dan senjata yang ditaruh.

Begitu juga terhadap penilaian juri, ada 4 kriteria yakni daya ungkap terhadap tema karya murni, anatomi dan tata letak, kemampuan daya estetika serta tekhnik, dan kerapian serta kebersihan lukisan.

Saat penutupan kegiatan lomba, Dandim 0508/Depok mengingatkan, bagi yang mendapat juara jangan berhenti sampai disini saja silahkan terus mengembangkan kemampuan dan bakatnya dalam seni melukis.

Untuk perolehan Juara, hasil lomba Juara 1 di menangkan oleh Alfa Ridwan dari SMA IT Daarul Rahman, Juara 2 dimenangkan oleh Haura Shalihah dari SMAN 6 Depok, Juara 3 dimenangkan oleh Audry Istifada dari SMA Putra Bangsa dan Juara Harapan 1 di menangkan oleh Misi Hadiningrum dari SMA Muhammadiyah 4 Depok.

Seluruh pemenang mendapatkan hadiah uang pembinaan dan sertifikat serta mereka akan melaju untuk mengikuti lomba melukis tingkat Korem 051/Wijayakarta.

(Minggus)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.