Ini Dana Desa Yang Sudah Tersalurkan

INVENTORI.CO.ID – Meski baru sebulan memasuki tahun, 2018 tapi sejumlah daerah sudah dapat kucuran dana desa. Sebanyak delapan daerah yang sudah tersiram sesuai jadwal tahap pertama yang ditentukan pemerintah.

Tahun ini, srjak awal, memang pemerintah mengenjot target penyerapan padat karya atau cash for work. Menurut Wakil Menteri Menteri Keuangan Mardiasmo, Kementerian Keuangan sudah melakukan penyaluran dana desa kepada 18 kabupaten di tahap I. “Dananya sudah ditransfer ke rekening pemerintah kabupaten pada 25 Januari 2018, sehingga diharapkan paling lambat tujuh hari selanjutnya dana tersebut bisa ditransfer ke desa,” sebutnya, hari ini.

Daerah kabupaten atau kepulauan itu sudah termasuk kabupaten prioritas untuk intervensi pemerintah. “Kita terus pro aktif agar dana tersebut bisa tercairkan, selama APBD Pemda sudah keluar,” kata Mardiasmo.

Lalu bagaimana tanggapan Menteri Dalam Neger (Mendagri)? Tjahjo Kumolo selaku Mendagri memang mengakui adanya hambatan, seperti sejumlah pemda terkendala pengesahan APBD sebagai syarat pengajuan dana desa. Hanya saja hingga kini sudah mulai terseledaikan, yakni hampir seluruh daerah rampung menyelesaikan APBD kecuali beberapa daerah yang harus diselesaikan dengan Peraturan Bupati.

“Kementerian Dalam Negeri memberikan payung hukum khusus bagi pemda yang pembahasan APBD-nya alot dengan DPRD hingga limit waktu yang ditentukan, tidak perlu ada pembahasan bersama, cukup dengan keputusan Bupati,” ujar Tjahjo.

Adapun daerah atau kabupaten yang telah menerima dana desa, yakni
1. Kabupaten Cianjur, Prov. Jabar
2. Kabupaten Batang, Prov. Jateng
3. Kabupaten Brebes, Prov. Jateng
4. Kabupaten Pemalang, Prov. Jateng
5. Kabupaten Madiun, Prov. Jatim
6. Kabupaten Rokan Ulu, Prov. Riau
7. Kabupaten Lampung Tengah, Prov. Lampung
8. Kabupaten Sambas, Prov. Kalbar
9. Kabupaten Ketapang, Prov. Kalbar
10. Kabupaten Kolaka Timur, Prov. Sultra
11. Kabupaten Maluku Tengah, Prov. Maluku
12. Kabupaten Lombok Tengah, Prov. NTB
13. Kabupaten Lombok Utara, Prov. NTB
14. Kabupaten Lanny Jaya , Prov. Papua
15. Kabupaten Gorontalo, Prov. Gorontalo
16. Kabupaten Natuna, Prov. Kepri
17. Kabupaten Barito Kuala, Prov. Kalsel
18. Kepulauan Tidore, Prov. Maluku Utara

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.