Seminar Wisata Matematika Bela Negara di Kodim 0501/JP BS

Jakarta Pusat – Kodim 0501/Jakarta Pusat BS bekerjasama dengan Klinik Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) menyelenggarakan kegiatan Seminar Wisata Matematika Bela Negara, bertempat di Aula Makodim 0501/Jakarta Pusat BS, Jalan Selaparang Blok B 11 Kav 1, Kelurahan Gunung Sahari Selatan, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (19/09/2017).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Dandim 0501/Jakarta Pusat BS Letkol Inf Edwin Adrian Sumantha, S.H., dan dihadiri oleh 100 orang perwakilan dari Kepala Sekolah dan Guru Matematika tingkat SLTP sederajat di wilayah Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya, Dandim menyampaikan kegiatan Wisata Matematika Bela Negara yang diselenggarakan ini, berawal dari sudah mulai memudar ataupun menurunnya semangat bela negara di tengah-tengah masyarakat, terutama di kalangan generasi muda.

“Pelajar sebagai generasi muda, nantinya harus memiliki semangat bela negara, cinta tanah air dan rela berkorban, serta menjunjung tinggi nilai nasionalisme dan persaudaraan antar agama, ras atau suku, agar nantinya tidak terjadi perpecahan ataupun perselisihan, demi tetap utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar Letkol Inf Edwin Adrian Sumantha.

Dandim menjelaskan, permainan matematika bela negara yang diberikan ini, nantinya bertujuan untuk membuat pelajaran bela negara menjadi lebih menyenangkan, tidak membosankan.

“Seperti diketahui, bela negara yang mencakup empat pilar negara yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika adalah pelajaran hafalan yang terkadang membuat siswa bosan. Namun dengan adanya metode ini, pelajaran bela negara akan sangat menyenangkan,” kata Letkol Inf Edwin Adrian Sumantha.

Dia berharap, melalui kegiatan ini nantinya para pelajar dapat menguatkan rasa cinta tanah air dan semangat bela negara, memahami secara utuh empat pilar negara, membentuk kedisiplinan dan etos belajar, kemandirian, rasa kesetiakawanan sosial, serta semangat gotong royong.

Kegiatan Wisata Matematika Bela Negara di wilayah Kodim 0501/Jakarta Pusat BS, akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari, pada tanggal 19-20 September 2017, dengan melibatkan peserta dari Kepala Sekolah, Guru Matematika dan Siswa-siswi tingkat SLTP sederajat di wilayah Jakarta Pusat. (ferry)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.