Pasukan Upacara Kodam Jaya Semangat Latihan Dengan Tali dan Bambu

Jakarta – Pasukan upacara Kodam Jaya terus berusaha menampilkan yang terbaik dalam upacara puncak HUT ke-72 TNI di Cilegon, Banten 5 Oktober mendatang.

“Tidak ada prajurit yang hebat, tetapi yang ada hanyalah prajurit yang terlatih,” sebuah ungkapan penyemangat yang selalu terpatri dalam tiap jiwa prajurit.

Seperti yang tampak pada Senin pagi (18/09/2017), di Jakarta Internasional Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta Utara, tempat yang sengaja dipilih oleh Kodam Jaya sebagai tempat yang mirip dengan suasana di Cilegon.

Kegiatan tersebut dilakukan usai melaksanakan apel pagi dan pembinaan fisik terpimpin, diikuti oleh 649 pasukan upacara yang terdiri dari 476 Satpur/Banpur, 92 anggota Kowad, dan 81 ASN/PNS Kodam Jaya melakukan latihan upacara dengan semangat tinggi. Latihan dengan menyamakan langkah defile dan sikap parade dengan menggunakan alat bantu tali rafia, kawat dan bambu.

Tampak pasukan Kowad, ASN, Satpur/Banpur saling bergandengan merangkul bahu dan pinggang rekan disebelahnya dengan tetap menjaga kelurusan barisan melalui bentangan tali/kawat. Meskipun latihan baris-baris selalu dilakukan oleh prajurit di satuan masing-masing, namun untuk menyamakan gerakan dalam jumlah pasukan yang besar tentu tidaklah mudah. Latihan dengan tali/kawat itulah sebagai salah satu cara untuk menyamakannya.

Dibawah suhu tidak kurang dari 33 derajat Celcius, latihan daya tahan juga diberikan. Pasukan upacara dalam sikap istirahat diperagakan tengah mendengarkan pembacaan amanat dalam waktu tertentu. Ada juga prajurit yang mengalami dehidrasi karena kurang minum air putih sebelum mengikuti latihan, tapi dapat segera pulih karena langsung mendapat penanganan tim medis yang selalu siaga.

Latihan tersebut langsung diawasi oleh Asisten Operasi (Asops) Kasdam Jaya/Jayakarta Kolonel Inf Moch. Zamroni, para Dansat seperti Dandim 0502/JU, Danyonif Mekanis 202/TM, Danyonkav 7/PS, Danyonkav 9/Bu, Danyon Arhanudse 6/Rangkok, dan tim peninjau dari Mabesad serta 115 orang pendukung latihan berlangsung dengan khidmat dan lancar. (ferry)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.