Ini Dia Pertanian Dandim Jakbar

JAKARTA- Inventori Online – Langkah TNI dalam mendukung pertanian makin menampakkan hasil.  Lewat program Rumah Pangan Lestari, Komandan Kodim (Dandim) 0503/JB, Letkol Infanteri pun melimpah hasil panen selama dua hari berturut-turut.

hasil pertanian di Kodim Jakbar
hasil pertanian di Kodim Jakbar

Letkol Wahyu merasa merasa bersyukur dengan program Rumah Pangan Lestari yang dibuatnya karena sudah mengalami panen. Wahyu mengaku dirinya menabur benih tanaman Aquaponik dan panen pada Rabu (6/9) kemarin hingga hari ini.

“Alhamdulillah, kami panen sayur sayuran, yang kedua kalinya, tanaman sayuran yang dipanen seperti selada merah dan hijau, kangkung, bayam merah dan hijau, khailan, sawi,” ucapnya tadi.

‎Wahyu menegaskan, dirinya sempat mengira tanaman yang dibuatnya itu bakal gagal panen. Mengingat lokasi yang berada di samping Makodim 0503/JB itu lapangan terbuka dan bersentuhan langsung dengan matahari yang gersang. “Karena pengalaman saya sewaktu di Batalyon 202/Tajimalela saya tuangkan di sini. Saya coba tanam Aquaponik hasilnya panen,” terangnya.

Dandim pun sedikit tak percaya dengan rumah pangan lestari itu lebih cepat masa panennya yakni sekitar lima minggu. Sebab, menurut dia, masa panen tanaman itu biasanya terjadi setiap 7 minggu dari masa penyemaian tanam biji. ‎”Tanaman ini juga tentunya diperhatikan secara khusus karena dikontrol pada pagi dan sore hari,” ‎tutur dia.

Bukan hanya soal panen, tapi juga terus memberikan pengetahuan kepada generasi muda. Di mana, markas Makodim 0503/JB kedatangan siswa SMP 248 Cengkareng guna melakukan study tour mengenai cara yang baik bercocok tanam. Sehingga, ilmu yang di berikan olehnya, siswa ini nantinya dapat melakukan di rumah.

“Tadi murid-murid di berikan teori dan praktek langsung ya. Mulai dari tanam biji, menyiram, memerhatikan sampai tadi kami juga ikut memanen tanaman di makodim ini,” tutur Guru SMP ‎248 Cengkareng, Jakarta Barat, Wahda(42).

Wahda pun mengapresiasi jajaran TNI terutama Makodim 0503/JB yang memberikan ilmu dan mau berocock tanam untuk masyarakat. Ia berharap agar kegiatan bertanam ini bisa dipertahankan. (Ferry)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.