Lewat Hidroponik, Personel Kodim 0503/JB Panen 30 Kilo Sayur

Grogol Petamburan – Ketua Persit KCK PD Jaya Munik Jaswandi puji keberadaan Rumah Pangan Lestari Kodim 0503/JB, yakni menggalakkan program penghijauan lewat keberadaaan kebun hijau aquaponik dan hidroponik, di tengah kawasan padat perkotaan.

Demikian diungkapkan oleh Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang XVII Kodim 0503/JB Ifit Qalita Yudhayana, usai mendampingi rombongan Persit Kartika Chandra Kirana PD Jaya melakukan kunjungan kerja ke Kodim 0503/JB, Rabu (20/09/2017).

“Ketua Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD Kodam Jaya Ibu Munik Jaswandi mengakui keberadaan perkebunan hijau di Kodim Jakbar menjadi terobosan dan menciptakan imej baru bagi Kodim-Kodim lainnya yang ada di wilayah Perkotaan,” ujar Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang XVII Kodim 0503/JB Ifit Qalita Yudhayana.

Ditambahkannya, Pembuatan perkebunan hijau dengan metode aquponik dan hidroponik ini memang menjadi pilihan, khususnya di tengah kota yang sudah sempit lahan, seperti di ibukota Jakarta. “Dengan metode ini, baik anggota maupun masyakarat umum, bisa menanam tanaman serta sayur-sayuran di pelataran dan samping rumah mereka yang luas lahannya terbatas,” ujar Nyonya Wahyu Yudhayana.

Dia menjelaskan, dengan memanfaatkan botol-botol bekas air mineral sebagai wadah yang diisi sekam. Setelah itu diberi bibit, segala macam bibit tanaman bisa dipakai secara hidroponik dan aquaponik. “Lewat metode ini, yang ditanam adalah jenis sayuran selada, bayam, kangkung, dan sejenisnya,” katanya.

Untuk menunjang program ini, personel Kodim 0503/JB mengembangkan Ramuan Organik Hama (Roma), Ramuan Organik tanaman (Rotan), dan Ramuan Organik Ternak (Roter). Pembuatan ramuan organik inipun terbilang sederhana, begitupun dengan bahan bakunya, yang terdiri dari cabe, sereh, sirih, dan bawang putih.

“Ramuan organik ini bisa dipakai untuk perawatan semua jenis tanaman, yang kebetulan ada di perkebunan hijau Kodim 0503/JB. Jadi, kita sudah siapkan semuanya dalam satu paket,” kata Ifit sambil tersenyum.

Saat ini keberadaan perekbunan hijau aquaponik dan hidroponik di Makodim 0503/Jakbar pun menjadi perhatian anggota masyarakat lainnya. Bahkan ada beberapa orang yang sengaja datang untuk belajar mengelola perkebunan hijau sederhana tersebut.

“Menurut anggota, setiap hari ada saja warga masyarakat yang datang untuk melihat dan juga belajar. Mulai dari rombongan pelajar hingga warga sekitar,” terang Ifit.

Sementara itu, Dandim 0503/Jakarta Barat Letkol Inf Wahyu Yudhayana menambahkan, seluruh prajurit TNI memang harus ikut berpartisipasi dalam mengembangkan perkebunan serta pertanian, yang sejalan dengan perintah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

“Ini kan kota, lahan pertanian kan sempit. Jadi, metode tanam dengan sistem aquaponik dan hidroponik sangat cocok. Karenanya sudah saya perintahkan kepada setiap Koramil yang ada di jajaran Kodim Jakbar, untuk membuat perkebunan hijau di lingkungan masing-masing dan juga lorong hijau,” jelas Wahyu.

Wahyu berharap lewat perkebunan hijau swadaya yang dikelola para anggota, anggotanya bisa membantu masyarakat bercocok tanam. Minimal, mereka bisa menghemat pengeluaran sayuran.

“Ya, bayangkan saja, sekali panen kemarin bisa menghasilkan 30 kilo sayur,” imbuh Letkol Inf Wahyu. (ferry)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.